Pendarahan Implantasi Sebagai Tanda Kehamilan

Pendarahan implantasi adalah salah satu dari beberapa gejala kehamilan yang khas sebagai tanda-tanda awal kehamilan. Implantasi biasanya terjadi sekitar 6-14 hari setelah ovulasi dan pembuahan atau bisa dibilang sebagai ciri kehamilan pada minggu pertama.

Pendarahan implantasi mungkin merupakan tanda awal kehamilan yang terjadi pada sekitar 1/3 dari semua wanita yang hamil, jadi memang tidak semua wanita hamil mengalaminya. Telur yang telah dibuahi berjalan menuruni tuba fallopi ke dalam rahim, di mana akan menempel sebagai implan ke dalam lapisan rahim. Ketika hal itu terjadi, jaringan yang terbentuk di sekitar telur yang dikenal sebagai trofoblas, dapat merusak beberapa pembuluh darah ibu di dalam rahim, menghasilkan sejumlah kecil pendarahan pada leher rahim dan turun ke vagina. Mari kita pelajari bagaimana mengenali pendarahan implantasi dapat menjadi sebagai ciri awal untuk beberapa wanita bahwa kehamilan telah dimulai.

loading...

Langkah – langkap mengetaui pendarahan implantasi (Implantation Bleeding):

  1. Memperkirakan kapan pendarahan implantasi terjadi. Jenis perdarahan selama kehamilan biasanya terjadi 6 sampai 14 hari setelah pembuahan – mendekati waktu ketika siklus menstruasi berikutnya. Karena pendarahan implantasi mungkin membuat anda bingung dengan siklus menstruasi yang menjadi tidak normal, beberapa wanita terkejut menemukan kehamilan mereka sebulan lebih jauh dari yang mereka perkirakan. Setelah kehamilan dipastikan oleh dokter, dokter dapat menggunakan tes lain untuk menentukan usia kehamilan, terutama jika pendarahan implantasi menjadikan keraguan tentang kapan siklus menstruasi terakhir seharusnya terjadi.
  2. Periksa warna dan banyak sedikitnya perdarahan. Ini akan membantu membedakan antara implantasi kehamilan atau awal dari siklus menstruasi yang biasanya terjadi pada anda. Pendarahan implantasi biasanya tidak menyerupai perdarahan pada periode haid normal.Pendarahan implantasi biasanya terlihat dengan warna merah muda atau kecoklatan. Dan sering warnya lebih gelap dari darah haid karena darah butuh waktu untuk berjalan dari dinding rahim melalui vagina. Jumlah perdarahan relatif sedikit, dan hanya akan bertahan beberapa hari. Bagi beberapa wanita, pendarahan ini mungkin hampir sama dengan darah haid, itulah sebabnya terjadi kebingungan antara 2 hal tersebut. Pada kebanyakan wanita darah haid warnanya lebih merah dan akan menjadi lebih sering dan banyak dalam waktu sehari atau 2 hari.
  3. Perbedaan tingkat rasa sakit saat perdarahan. Pendarahan dari implantasi dapat disertai dengan beberapa kram ringan karena implan telur dan rahim berubah untuk mengakomodasi embrio. Namun, kram dengan pendarahan implantasi biasanya tidak begitu terasa sakit bisa dibandingkan sakit pada awal periode haid yang biasa terjadi pada anda.

Dengan memahami dan mempertimbangkan hal-hal diatas, maka anda bisa memperkirakan apakah perdarahan saat hamil yang sedang anda alami adalah pendarahan karena haid reguler anda ataukan merupakan ciri-ciri pendarahan implantasi atau implantation bleeding sebagai ciri-ciri wanita hamil.

loading...
Cara Cepat Hamil

27 thoughts on “Pendarahan Implantasi Sebagai Tanda Kehamilan

  1. Halo, saya Karen mau tanya klo seandainya saya haid ditanggal normal saya setiap bulannya. Tapi selang 1 minggu setelah saya haid itu saya seperti haid lagi hanya saja warna darah haid saya agak kecoklatan tapi tidak pekat, terlihat lebih agak transparan begitu. Apakah itu bisa dikatakan bercak awal kehamilan? Karena dibulan berikutnya saya tidak datang bulan seperti biasanya. Juga karena saya test dgn alat uji kehamilan strip nya hanya ada 1 strip.

    Terimakasih

    1. bunda karen, bagi beberapa wanita pendarahan setelah menstruasi selesai wajar terjadi dan bukan merupakan pendarahan implantasi. Biasanya ini terjadi karena proses pembersihan haid atau bisa dikatakan masih ada sisa-sisa darah yang belum bersih, dan bukan berarti anda hamil.
      Sebaiknya anda melakukan konsul kedokter jika haid anda tidak normal dan memastikan tentang kehamilan anda.

  2. saya mau bertanya.
    1 apakah wanita mengandung mengalami .(Implantation Bleeding): selama 9 bulan mengandung?
    2apakah wanita yang sedang mengandung tetap mengalami haid selama 9 bulan mengandung.

    1. saya coba menjawab pertanyaan dari bunda erkat.
      1. masa kehamilan implantasi bleeding terjadi tidak selama 9 bulan penuh. hanya terjadi pada awal kehamilan seperti pada artikel diatas. setelah kehamilan lebih dari 3 bulan rahim sudah lebih kuat dan tidak terjadi pendarahan impantasi.
      2. wanita hamil tidak mengalami datang bulan selama 9 bulan mengandung, ini salah satu tanda pasti adanya kehamilan.
      semoga membantu..

        1. pendarahan implantasi bisanya hanya terjadi 2-3 hari, namun tiap perempuan tentu punya karakteristik. Dan jumlah pendarahannya tidak banyak.

    1. kebanyakan warna darahnya coklat atau pink bisa terjadi bergantian, misalnya hari ini kecoklatan besok bisa merah muda. Kalau keguguran akan keluar darah segar.

  3. Hallo, saya Melynda ada yg ingin saya tanyakan….saya dapat haid tanggal 2 sept yg lalu bulan oktober tgl.6 saya mengalami pendarahan tapi saya bingung apakah ini haid atau pendarahan implantasi? Warna nggak terlalu merah kayak haid biasanya, nggak terlalu banyak kayak haid biasanya, baunya nggak kayak haid biasanya, darahnya ada yg warna hitam tapi agak sedikit cair dr biasanya….apakah ini haid reguler atau implantasi ya? Biasanya klo implantasi terjadi berapa lama ya? Skrng udah bisa di test pake test kemahilan ya?

    Terima kasih,,,,,,

  4. Hallo….
    Saya mau bertanya..
    1. Biasanya saya haid tgl 19 tp bln kmrin haid saya tgl 22
    3hari pertama saya haid itu yg cm bercak baru kmudian haid seperti biasa 2 hari tp setelah itu sampai sekarang belum jg suci
    Yg keluar hanya bercak darah kadang agak coklat kadang darah segar
    Apakah seperti itu hamil ato bgaimana???

    Makasih jawabanya

    1. hello bunda indah,

      wajar jika pada masa haid tidak lancar seperti biasanya, banyak faktor yang mempengaruhi haid; bisa spikologis maupun fisik. Kemungkinan itu hanya haid yang tidak lancar atau belum bersih, tapi untuk pastinya silahkan di tes kehamilan pake tespek.

    1. Tes kehamilan bisa langsung terlihat bunda aya, bahkan sebelum pendarahan implantasi terjadi tespek sudah bisa menunjukan positif jika bunda memang hamil.

  5. jd klo seumpama saya terjadi implantasi tgl.10 sekrg bisa dites ya?
    trus implantasi itu apa berupa gumpalan2 darah? saya kmrn terjd pendarahan tgl 10 tp g sebanyak biasanya tp setiap pipis bnyak gumpalan kayak waktu mens gitu. apakah itu implantasi atau darah mens?

  6. pendarahanya mlai tgl 10-17 kemarin bru berhenti. itu darah mens apa implantasi? warnanya kayak darah mens sih bun tapi gak sebanyak biasanya. apakah itu darah implantasi? makasih bunda.

  7. Saya mau tanya,bulan kemaren saya datang tgl 3-10-13, dan skrang saya datang tgl 4-11-13,tp darahnya warna kecoklatan,perut saya kram,sering buang air kecil. Apakah ini bisa d sebut darah implantasi?

    1. helo bu santi,
      biasa untuk implantasi akan ada perbedaan warna pada hari setelahnya. coba dilihat jika warna berubah lebih keagak kemerah muda(cerah) bisa jadi itu memang pendarahan implantasi. sebaiknya anda cek kehamilan, mungkin memang anda sedang hamil muda.
      semoga membantu.

  8. Malam saya mau tanya saya haid sudah hampir 1bulan tapi ga sebanyak haid biasa nya warna nya merah kecoklatan kadang pink . Pernah seminggu lalu saya tespek hasil positif . Apakah itu tanda awal kehamilan atau tanda apa ya . Mohon bantuan nya

  9. Bunda mau Tanya yya kok hari ini saya cuman mens 2hari ajja trus waktu hari pertama darah yg keluar gk bgtu banyak warnanya pun merah muda Dan hari kedua coklat.. apa ini tanda kehamilan ya bund .. Tanya solusi ya makasiih 🙂

  10. saya sudah 2 bulan haid tak kunjung berhenti kadang flek kadang keluar darah, aku coba tes kehamilan hasilnya strip 2 samar2. mohon infonya

    1. jika hasil 2 garis meskipun samar maka anda positif hamil, dalam jangka 1-2 minggu lagi lakukan tes lagi supaya lebih jelas terlihat garisnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...