Ciri-ciri orang hamil muda pada trimester pertama

Pada awal kehamilan yaitu pada trimester pertama, memang tampak ciri-ciri hamil muda yang oleh para wanita biasanya adanya perubahan pada perutnya. Pada trimester pertama kehamilan, yaitu 13 bulan pertama perut anda sudah mulai membesar. Hal ini tentu wajar adanya karena memang sedang tumbuh janin pada rahim anda.

Awal kehamilan adalah hal-hal yang menakjubkan bagi calon orang tua, apalagi pada kehamilan pertama anda. Namun kadang ketidaksadaran akan kehamilan justru mengarah pada perlakuan yang salah pada wanita hamil. Oleh karena itu ada baiknya anda mengetahui apa saja ciri-ciri orang hamil muda pada trimester pertama.

Terjadinya Kram Perut
kram perut biasanya terjadi pada 1 minggu awal kehamilan yang terjadi pada bagian bawah perut. Hal ini terjadi karena adanya implantasi sel telur yang telah dibuahi pada dinding rahim atau biasa dinamakan sebagai kram implantasi. Kadang implantasi ini akan disertai adanya bercak. Kram juga bisa terjadi karena peregangan dan pertumbuhan rahim. Kram ini biasanya lebih terasa sakit dan terjadi hingga beberapa minggu awal kehamilan. Kram ini tidak menimbulkan bercak. Untuk meminimalis kram ini anda bisa minum suplemen magnesium atau kalsium tentu saja dengan saran dokter kandungan anda.

Mengidam makanan
85% dari wanita hamil melaporkan sering mengidam makanan pada beberapa waktu dalam kehamilan mereka, dan periode yang paling umum mengidam makanan adalah pada trimester pertama dan terakhir. Kenapa? Para ahli tidak benar-benar memahami hubungan nyata antara kehamilan dan ngidam tapi menduga itu ada hubungannya dengan perubahan hormonal dan kebutuhan tubuh untuk menambah nutrisi. Meskipun anda menginginkan makanan tertentu, itu tidak selalu menjadi hal yang baik untuk makan apa yang anda inginkan, misalnya adalah mengidam es krim tidak akan membantu pemenuhan nutrisi bagi anda dan janin dalam kandungan anda.

Morning sickness
Diperkirakan 85% ibu hamil menderita morning sickness dalam awal kehamilan mereka. Hal ini memang sangat menggangu bagi para ibu hamil. Namun kabar baiknya adalah, hal ini biasa akan berakhir pada trimester pertama kehamilan sekitar 14-16 minggu.

Perubahan Payudara
Payudara mulai berubah 3-4 minggu setelah pembuahan dan akan terlihat menjadi lembut dan bengkak. Puting akan menjadi lebih gelap dan lebih luas dan seluruh payudara akan mulai tumbuh karena perkembangan dari saluran-saluran dan kelenjar sehingga akan memungkinkan menyusui setelah bayi lahir. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli bra bersalin lebih awal untuk membuat anda nyaman selama kehamilan.

Sembelit
Pada kehamilan akan terjadi peningkatan hormon dan progesteron di tubuh anda. Progesteron dapat membuat usus bekerja kurang efisien yang bisa mengakibatkan sembelit. Untuk menjaga diri secara teratur, pastikan bahwa anda menerima cukup serat setiap hari yaitu sekitar 30g serat dalam pola makan atau dengan suplemen, minum cukup air dan berolahraga setiap hari.

Mulas dan asam lambung
Selain sembelit, produksi progesteron dan hormon yang melemaskan otot-otot karena tubuh sudah menyiapkan untuk persalinan dan kelahiran selama kehamilan, dapat menyebabkan mulas, gangguan pencernaan dan asam lambung pada wanita hamil. Progesteron menyebabkan katup di bagian atas perut untuk tidak banyak bekerja sebagai mana biasanya memungkinkan asam lambung, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Masalah ini terjadi terutama pada malam hari ketika berbaring di tempat tidur. Mulas, gangguan pencernaan dan asam lambung bisa terjadi pada trimester pertama, tetapi biasanya menjadi lebih sering pada trimester ketiga ketika ukuran bayi juga mendorong perut anda. Jika mengalami kesulitan tidur di malam hari karena kondisi ini, cobalah untuk tidur setelah 2 atau 3 jam setelah makan supaya terjadi proses pencernakan terlebih dahulu, dan tidur dengan menggunakan beberapa bantal supaya posisi perut lebih rendah dari kepala anda.

Sering buang air kecil
Hal ini terjadi ada hubungannya dengan hormon tetapi juga terjadi karena bayi berkembang memberikan tekanan pada kandung kemih anda. Ini akan meningkatkan pada akhir trimester pertama ketika rahim tumbuh di atas panggul yang memakan ruang dan memberikan tekanan pada kandung kemih.

Mimisan dan gusi berdarah
Karena peningkatan volume darah (sekitar 30% lebih darah akan dipompa ke seluruh tubuh selama kehamilan) dan efek hormon kehamilan pada jaringan ikat dan selaput lendir, sangat memungkinkan untuk terjadi pendarahan hidung dan gusi berdarah selama kehamilan. Memalukan mungkin, tapi tidak akan menyebabkan kerusakan permanen atau menunjukkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Jerawat
Perubahan yang cepat dalam kadar hormon memiliki dampak yang luas dan beragam pada tubuh dan kulit anda sehingga mengakibatkan timbulnya jerawat. Sementara beberapa wanita mendapatkan serangan jerawat yang parah, ini jarang terjadi dan jerawat ringan lebih mungkin terjadi pada trimester pertama kehamilan anda.

Bercak hitam / Pigmentasi
Pigmentasi kulit biasanya dipengaruhi oleh hormon-hormon kehamilan, biasanya pada daerah tahi lalat, bintik-bintik dan puting yang paling jelas terkena efek ini. Beberapa wanita hamil juga mengalami bercak-bercak hitam pada kulit, yang mulai dari hidung, pipi dan leher yang akan memudar dari waktu ke waktu setelah kelahiran bayi.

Garis Hitam
Menjelang akhir trimester pertama, banyak wanita mulai melihat garis gelap menggaris dari pusar mereka hingga ke panggal paha. Garis ini dikenal sebagai ‘linea nigra‘ dan akan terus gelap dan tumbuh selama kehamilan. Garis ini disebabkan oleh pigmentasi kulit dan perlahan-lahan akan memudar setelah kelahiran bayi.

Stretch mark
Kebanyakan wanita mengalami stretch mark biasanya pada perut, payudara dan paha. Para pakar setuju bahwa tidak ada yang dapat dilakukan untuk menghentikan mereka. Kehamilan menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dari biasanya dan ditambah dengan cepatnya peregangan kulit selama kehamilan menyebabkan stretch mark. Meskipun tidak ada krim yang dapat anda
gunakan untuk mencegah mereka, cara terbaik untuk meminimalkan stretch mark adalah dengan mengontrol berat badan selama kehamilan secara perlahan dan konsisten.

Kembung dan angin
Perubahan hormonal yang mempengaruhi saluran pencernaan (lihat Sembelit dan Mulas diatas) juga berdampak pada jumlah angin yang diproduksi oleh tubuh anda yang dapat menyebabkan kembung.

Diatas adalah ciri-ciri orang hamil muda pada yang terjadi pada trimester pertama, yaitu pada 3 bulan awal kehamilan anda. Untuk tanda dan ciri awal kehamilan lebih detil silahkan anda baca juga ciri-ciri kehamilan pada minggu pertama dan bulan pertama supaya menambah wawasan anda.

Cara Cepat Hamil


Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>