Mungkin yang menjadi pertanyaan awal saat anda hamil adalah “apakah anda sedang hamil kembar?” Sebelum secara medis atau USG  anda dinyataan hamil kembar maka selalu ada kemungkinan memang anda sedang mengalami hamil kembar. Jadi sebaiknya anda ketahui ciri-ciri hamil kembar, untuk bisa mendeteksi kemungkinan anda sedang hamil bayi kembar.

Bagi beberapa perempuan atau wanita yang mempunyai keturunan pernah hamil kembar misalnya dari  ibu atau nenek, mempunyai kesempatan untuk mempunyai anak kembar yang lebih besar daripada wanita yang tidak mempunyai garis keturunan kembar.  Hal ini bisa terjadi  adalah karena kemungkinan persamaan genetika yang cukup besar dari ibu atau nenek yang pernah melahirkan kembar.

Pada beberapa wanita mengalami kehamilan kembar adalah sesuatu yang sangat dinanti nantikan bahkan sangat diimpikan. Namun bagi beberapa wanita yang lain kembar bahkan bisa dibilang memberatkan mereka. Mereka merasa ketakutan dengan adanya kehamilan bayi kembar. Mereka akan mengkhawatirkan tentang bagaimana mereka akan melahirkan nanti bisa normal ataukah harus melakukan operasi. Hal ini sangat wajar bagi wanita hamil karena salah satu ciri ciri wanita hamil adanya tingkat kekawatiran yang melebihi dari biasanya. Wanita yang sudah mempunyai riwayat kembar memang tidaklah mengejutkan jika mereka kemudian mengalami kehamilan kembar. Namun bagi wanita yang tidak pernah riwayat anak kembar, mungkin mereka akan mengalami kejutan besar.

Yang membedakan kehamilan normal dan kehamilan bayi kembar

Ciri ciri orang hamil kembar tidak jauh berbeda dengan kehamilan biasanya, namun bagi orang yang hamil kembar akan merasakan ciri-ciri yang lebih terasa daripada orang yang tidak hamil kembar.

Penting untuk kita ketahui bahwa orang orang hamil mempunyai ciri ciri yang berbeda pada setiap individu. Ciri ciri kehamilan ini sangat tergantung pada pembawaan dari masing masing di dunia. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan tingginya hormon kehamilan hCG (Human Chorionic Gonadotrophin Hormone) yang dialami oleh wanita untuk  memaksimalkan peluang bertahan hidup untuk calon janin.
Kehamilan kembar ini biasanya terjadi pada:

  • Wanita yang berumur lebih dari 30 tahun.
  • Pada wanita kembar yang membentuk garis keturunan kembar.
  • Jadi pada wanita yang mempunyai tinggi badan lebih dari rata rata. Wanita dengan tinggi badan lebih tinggi lebih besar peluangnya untuk anak kembar dibandingkan wanita yang mempunyai tinggi badan lebih pendek.
  • Wanita yang kelebihan berat badan yaitu dengan BMI (Basal Metabolic Rate) lebih dari 25.
  • Pada wanita memiliki bantuan kesuburan untuk hamil.
  • Pada wanita keturunan Afrika Amerika.
  • Bagi wanita yang telah hamil sebelumnya.

Ciri ciri orang  Hamil Kembar

  • Beberapa wanita akan tahu mereka hamil kembar dengan sendirinya misalnya lewat mimpi, perasaan dan intuisi keibuannya.
  • Beberapa wanita mengetahui mereka kembar melalui rekan rekan, teman temannya saudara dan orang orang terdekatnya. Meskipun ini memang sulit dibuktikan secara medis.
  • Anda akan mengalami mual mual yang sangat besar sehingga hal ini akan sangat mengganggu. Bahkan anda akan selalu muntah bila makan sesuatu.
  •  Intoleransi berlebihan pada makanan, bau, tekstur dan penampilan beberapa makanan. Umumnya daging, makanan laut, kopi dan teh.
  • Rahim yang membesar dan terlalu besar untuk hanya hamil seorang bayi. Yang mencerminkan fakta bahwa ada dua embrio lebih jelas daripada hanya satu embrio.
  • Rasa sakit pada payudara yang berlebihan, bahkan anda akan merasa sangat tidak nyaman menggunakan bra.
  • Terlalu sering ingin buang air kecil. Hal ini dikarenakan besarnya rahim yang akan tumbuh pada diri anda. Ini memang ciri umum pada orang hamil, namun pada orang hamil kembar hal ini akan lebih terasa seringnya.
  • Kelelahan atau capek yang sangat berlebihan, anda bahkan akan mengeluh mengerjakan aktivitas sehari hari anda seperti biasa.  Hal ini wajar pada orang hamil, tapi pada wanita hamil kembar memang sangat melelah.
  • Tingginya tingkat hCG. Hal ini dapat diketahui dalam tes urine kehamilan yang sangat dini. Bahkan sebelum terlambat haid, kandungan hCG begitu tinggi Sehingga saat tes kehamilan akan terlihat garis yang sangat luas. Bagi wanita yang mengunakan bantuan kesuburan, tes darah dapat terlihat konsentrasi yang sangat tinggi pada hCG awal setelah pembuahan.
  •  Beberapa wanita akan mengalami kram rahim lebih sering dan sakit. Ini bisa menjadi gejala nyeri ligamen karena rahim berkembang relatif cepat.
  • Denyut nadi lebih cepat. Hal ini karena wanita hamil kembar perlu memompa darah dalam jumlah yang lebih tinggi dari wanita hamil normal atau satu embrio.
  • Anda akan lebih banyak murung, akan mudah menangis dan gangguan pada kestabilan mental anda.
  • Wanita hamil kembar akan merasakan gerakan bayi pada awal kehamilan, gerakan ini lebih awal daripada wanita yang tidak hamil kembar. Gerakan bayi awal ini biasanya terjadi pada usia 15-16 minggu kehamilan pada wanita hamil kembar.

Bagaimana cara mengetahui hamil kembar secara pasti?
Meskipun mendapat masukan dari saudara atau dari ciri-ciri orang hamil kembar diatas, masih belum pasti 100% bahwa anda memang hamil kembar sampai anda benar-benar mengkonfirmasikan hal ini dengan jalan:

  1. USG, dengan USG tentu akan terlihat jelas pada layar bahwa anda sedang hamil kembar.
  2. Dengan merasakan denyut jantung sang janin, akan ada dua denyut jantung yang kadang akan terjadi secara bersamaan maka besar kemungkinan anda sedang hamil kembar. Namun, meskipun kadang tidak terasa dua denyut jantung masih mungkin anda hamil kembar.

Penjelasan diatas semoga bisa membantu anda menambah wawasan mengenai cici-ciri orang hamil kembar. Semua ciri-ciri diatas bisa anda jadikan pengetahuan dan pembelajaran untuk kehamilan anda.