Ciri – Ciri Orang Hamil 1 Minggu Secara Lengkap

Ciri – ciri orang hamil 1 minggu mungkin sudah beberapa yang anda ketahui, misalnya ciri – ciri orang hamil secara umum adanya mual – mual dan terlambat datang bulan. Namun ciri – ciri yang lengkap yang melibatkan hal-hal kecil mungkin anda sepelekan, padahal mual dan terlambat menstruasi bisa jadi bukan berarti anda hamil. Bisa saja karena anda mual karena masuk angin dan siklus menstrusasi ada memang sedang ada gangguan yang mana hal itu wajar terjadi pada semua wanita.

Hamil pada minggu pertama dari sisi kedokteran terhitung dari hari terakhir anda menstruasi, perhiutngan ini umum dan digunakan sebagai perhitungan semua dokter kandungan. Jadi kehamilan minggu pertama bukanlah dari 1 minggu setelah pembuahan namun dari seminggu datang bulan terakhir anda.

Ciri – ciri hamil orang 1 minggu bisa terjadi berbagai macam hal yang mungkin berbeda tiap wanita tergantung dari masing-masing kondisi medis orang yang hamil. Nah, gejala dan tanda-tanda wanita hamil 1 minggu ini kejadiannya bisa beberapa poin bersamaan dan bisa juga semua poin yang akan saya jabarkan terjadi bersamaan. Untuk mengetahui apakah anda sedang hamil seminggu atau tidak bisa dengan mengetahui ciri – cirinya dengan jalan Non Medis maupun dengan jalan Medis.

A. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara Non Medis

mual - mual ciri orang hamilMinggu pertama kehamilan mungkin akan sedikit susah diketahui dan terlalu dini jika anda ingin memeriksakan kedokter dan melakukan tes medis untuk mengetahui apakah anda sedang hamil atau tidak. Biasanya kita akan melihat kehamilan ini dengan melihat ciri – ciri yang terjadi pada diri anda. Untuk mengetahui dari sisi non medis ciri – ciri awal kehamilan minggu pertama bisa diketahui dari segi fisik maupun non fisik. Berikut ini adalah penjabarannya secara lengkap:

1. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara fisik.

Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara fisik secara umum dikarenakan adanya perubahan hormon pada tubuh yang akhirnya menimbulkan beberapa perubahan pada tubuh.

  •  Pendarahan atau Bercak Darah

Pada minggu pertama ada bebera dari wanita hamil 1 minggu akan mengalami pendarahan implantasi yang biasa disebut dengan implantation bleeding. Pendarahan ini terjadi karena proses menempelnya atau proses implantasi calon janin anda kedinding rahim, sehingga anda mungkin akan menjumpai bercak seperti halnya haid namun hanya sedikit.

  • Kram Perut / Sakit Perut

Seperti halnya pada proses terjadinya bercak darah, kram perut ini juga terjadi akibat proses implantasi calon janin. Anda akan merasa sakit perut karena proses penempelan tersebut adalah suatu yang biasanya bukan bagian dari rahim anda akan segera menjadi bagian dari rahim anda. Jadi wajar bisa selama proses ini anda akan mengalami gangguan perut.

  •  Perubahan Payudara

Pada minggu pertama kehamilan anda akan melihat adanya perubahan pada payudara anda. Payudara akan lebih sensitif jika tersentuh atau terkena bra secara mendadak anda akan merasa tidak nyaman. Dari segi ukuran juga terlihat sedikit membesar. Jika anda raba/remas, payudara juga anda terasa kebih lembut dan empuk. Pada beberapa wanita juga akan merasakan gatal pada payudara dan puting yang lebih menjulang atau membengkak. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh anda.

  •  Terlambat Datang Bulan atau Menstruasi

Sebuah ovarium yang sudah terbuahi maka tidak akan dikeluarkan dari tubuh, hal inilah yang menyebabkan anda tidak mengalami menstruasi saat adanya pembuatan sebagai tanda bahwa anda hamil muda. Siklus menstruasi ini biasanya sebagai pedoman umum bagi para wanita, jika terlambat haid maka besar kemungkinan anda sedang hamil.

  • Mual – mual dan Muntah

Sebagai ciri – ciri orang hamil pada minggu pertama, bisa dikenali juga sering mual – mual pada pagi hari atau biasa disebut sebagai morning sickness. Namun tidak menutup kemungkinan mual – mual ini tidak hanya terjadi pada pagi hari tapi sepanjang hari.

  • Sering Buang Air kecil

Saat terjadi kehamilan, maka janin dalam rahim anda akan membutuhkan ruang untuk tumbuh didalamnya. Hal ini menyebabkan tertekannya kandung kemih oleh rahim anda dan membuat anda akan sering buang air kecil. Seringnya buang air kecil ini terjadi pada awal kehamilan atau 1 minggu masa kehamilan dan akan berhenti pada minggu ke 12 lalu akan terjadi kembali saat perut mulai membesar pada kisaran minggu ke 28.

  • Mudah Lelah

Ciri – ciri orang hamil lain pada minggu pertama kahamilan anda akan merasa tingkat kelelahan yang tinggi, anda akan merasa begitu capek walaupun hanya melakukan pekerjaan sehari – hari. Pada wanita yang mempunyai tekanan darah rendah akan lebih punya kelelahan tinggi bahkan bisa sampai pingsan. Untuk itu harap berhati – hati dan waspada, pada kehamilan 1 minggu pertama anda harus banyak istirahat karena tekanan darah anda akan menurun.

2. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara non fisik.

mengantuk ciri orang hamil 1 mingguPerubahan hormon pada tubuh disaat hamil 1 minggu selain berpengaruh pada perubahan fisik juga berpengaruh pada perubahan non fisik anda. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara non fisik:

 

  • Mengidam

Ngidam sudah menjadi istilah umum untuk orang yang tiba – tida menginginkan sesuatu yang biasanya makanan secara berlebih. Para wanita hamil muda biasanya ingin mengkonsumsi makanan dengan rasa menyengat. Kebanyakan ingin yang terasa kecut/masam seperti mangga atau jambu. Namun tidak menutup kemungkinan berbagai jenis makanan juga terasa sangat ingin mencicipinya. Hal ini normal dan wajar terjadi sebagai akibat dari perubahan hormon. Ngidam bisa berlangsung tidak hanya dalam minggu pertama kehamilan namun sampai 9 bulan.

  • Sensitif pada Penciuman

Jangan kaget jika anda menjadi sangat sensitif terhadap bau-bau tertentu, sensitifitas pada indra penciuman anda ini bisa jadi adalah ciri – ciri anda sedang hamil muda. Asap rokok, minyak wangi dan bawang putih biasanya menjadi bau yang tidak disukai oleh orang hamil 1 minggu. Namun ada juga yang tiba – tiba sangat menyukai bau-bau tertentu.

  • Mengantuk dan moody

Mengantuk dan perasaan yang moody juga merupakan ciri – ciri orang hamil 1 minggu. Selain mudah lelah secara sifik anda akan merasa sangat moody dan gampang tersinggu. Dan anda jadi sering mengantuk karena pada dasarnya perubahan hormon ini akan meminta tubuh anda untuk beristirahat.

  • Gelisah dan Stres

Bagi orang yang hamil 1 minggu, ciri – ciri yang bisa anda rasakan adalah perasaan anda yang punya kekhawatiran yang tinggi. Anda akan mudah gelisah yang mengakibatkan anda mengalami stres. Bagi beberpa wanita bisa mengalami depresi, oleh karena itu peranan orang-orang terdekat sangat penting untuk menjaga kondisi non fisik anda saat hamil 1 minggu pertama ini.

B. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara Medis

Selain hal – hal yang telah dijelaskan tentang ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara non medis, dari sisi medis anda bisa melakukan dua langkah pengetesan kehamilan.

  • Ciri – ciri orang hamil 1 minggu dengan Tes Urin / Tes Pack

Ciri ciri hamil 1 minggu Dengan Tes UrinUntuk memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak, anda bisa menggunakan test pack atau alat tes kehamilan yang banyak tersedia pada apotik – apotik setempat. Tes urin inilah yang biasanya digunakan oleh dokter ataupun bidan desa. Karena kemudahan dan keakuratannya. Pada saat anda hamil muda maka akan terjadi peningkatan plasenta yang akan terbuang dalam urin. Kadar ini akan terlihat tinggi pada saat pagi hari, karena itu tes urin sebaiknya digunakan pada pagi hari. Anda bisa membaca cara penggunaan pada petunjuknya untuk cara selengkapnya. Jika anda positif hamil maka test pack akan menunjukan 2 garis dan jika negatif hanya akan terlihat 1 garis.

  • Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara medis dengan USG

Cara ini memang jarang dilakukan, namun jika anda ingin mengetaui secara pasti maka cara medis satu ini adalah salah satu yang akurat. Dengan cara USG anda bisa langsung melihat apakah ada janin dalam rahim anda. Bagi beberapa orang tua mungkin lebih memilih dan menyukai hal ini, selain untuk memastikan bisa sekalian mengetahui keadaan janin dalam rahim.

Semua poin diatas adalah ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara lengkap. Semua ciri – ciri tersebut kadang terjadi secara bersamaan atau semua terjadi, namun ada juga wanita hamil yang melewatkan 1 atau 2 hal diatas. Hal penting sebagai ciri – ciri orang hamil 1 minggu adalah pada poin terlambatnya menstruasi. Karena itu adalah tanda kehamilan awal yang tidak mungkin terlewatkan atau tidak dialami oleh orang yang hamil 1 minggu. Semoga ciri – ciri orang hamil 1 minggu diatas bisa bermanfaat bagi anda.

Cara Cepat Hamil


Post navigation

55 thoughts on “Ciri – Ciri Orang Hamil 1 Minggu Secara Lengkap

    1. hamil Post author

      itu 2 tanda kehamilan yang umum terjadi, kemungkinan istri anda hamil. Namun pastikan jika telat datang bulan maka sebaiknya segera lakukan tes kehamilan.

      Reply
      1. nana

        mf mw tanya, sy dua bulan berturut-turut menstruasi hanya sedikit sekali sprti bercak sj. trus bln ketiga telat 2 mggu kemudian sy tes pack pd mlm hr hsl’y negatif. gejala ap ini?

        Reply
        1. hamil Post author

          helo bu nana, hal itu kadang biasanya terjadi karena siklus menstruasi anda sedang terganggu. bisa karena memang anda sedang banyak aktivitas atau hal-hal yang membuat anda stres sehingga mengganggu siklus menstruasi anda.
          semoga membantu.

          Reply
  1. rosi

    Ciri2 di atas saya alami.. tapi untuk mual2 saya jarang merasakan… dan perut saya sering sembelit.. sakit bgt.. apa saya langsung periksa ke bidan apa pake tes pack ajja…

    Reply
    1. hamil Post author

      mual bukan hal yang pasti meskipun kebanyakan wanita akan mengalami, hal ini karena kondisi tiap individu berbeda dalam merespon hormon kehamilan. sebaiknya tespek dulu bunda rosi, baru kebidan.

      Reply
  2. Ali

    Istri 2 mingguan ini sering kram perut, mudah ngantuk, pengen makanan yang ndak biasa (mgkin ngidam) dan makan bisa sampai 3-4 kali, padahal biasanya hanya sekali saja. Apa istri saya hamil?

    Reply
    1. hamil Post author

      halo pak ali, istri anda sudah menunjukan ciri-ciri umum kehamilan. sebaiknya segera di tes untuk memastikan.

      Reply
  3. aziezah

    Mau nanya nihh sya sering sakit perut sembelit spt org lg dteng bulan,rsa sakitnya kdang2 tp sering,trus putingnya sakit,apkh ini gejala kehamilan,trims

    Reply
  4. aziezah

    Mau nanya lg nih,saya sudh d cek trus hsilnya positif hmil,tpi rsa sakit prut itu smpe skrg blm ilang,apakh itu kelainan ataukah wajar,sya jdi takuut

    Reply
  5. umaya

    setelah haid 1 minggu,terus haid lg tp gk bnyak cuma bercak saja.setelah itu perut saya sakit.payu dara terasa nyeri,sering pipis.apakah itu ciri akan hamil???

    Reply
    1. hamil Post author

      menurut saya cuma gangguan pada siklus haid anda, bukan berarti anda sedang hamil. namun sebaiknya cek kehamilan jika ragu.

      Reply
  6. neli

    Maaf numpang nanya, saya udah telat 2 minggu. Dan sudah melakukan tes pake tespack. Memang muncul 2 garis tp yang satu lagi garisna agak pudar. Apakah kehamilan saya bermasalah?? Mohon penjelasannya.

    Terimaksih

    Reply
    1. hamil Post author

      halo mbak neli,
      selamat atas kehamilannya, garis tidak terang hal yang normal bisa karena faktor lain, tidak mengindikasikan hamil bermasalah.

      Reply
  7. vika

    Saya mau nnya mbak’
    Saya merasa kalo saya memang hamil,krna ciri2 na sudah jlas. Tpi saya gak prnah mual2? Knp y ??

    Apkah saya bner2hamil atau itu cma prasaan saya aja..krna bberapa mnggu lalu,tiba2 saya pengen bgt makan asam,yang biasa na saya memang gak suka.bnyk orng2 yg d sekeliling saya blang kalo saya lagi ngidam.saya pun blkangan ini sedikit sensitif,

    Reply
    1. hamil Post author

      halo vika,
      pada beberapa orang kadang tidak mual, namun sebaiknya anda lakukan tes kehamilan untuk memastikan.

      Reply
  8. Ana hawari

    Saya mau tanya, bulan april kmrin saya haid 2 kali
    awal dan akhir, selesai haid tanggal 2 mei
    dan sekarang saya blm haid lgi

    apa kah saya hamil¿

    Reply
    1. hamil Post author

      gangguan siklus haid adalah hal normal bukan berarti anda hamil, sebaiknya tes kehamilan untuk memastikan.

      Reply
  9. norie

    Saya sudah telat 8hari, telat dihari ke 3 sy test garis masih satu.tapi untuk tanda2 khamilan spt diatas sya blm merasakan.hny kadang perut bagian bawah sdkit skit.apa sy hamil atao tidak ya?

    Reply
    1. hamil Post author

      hi norie, menurut saya itu telat haid yang wajar. telat haid dan menyebabkan sakit dibagian bawah perut merupakan hal yang normal.

      Reply
  10. Inge Silvia

    Saya udah tidak kb selama 3 bln ini stelah lempas kb saya langsung haid dan sampain bln ini tidak haid lgi knpa yah,
    skmren sempat tes pakai tes pack tpi hasilny negatif

    Reply
    1. hamil Post author

      helo bunda silvia. lepas dari KB mendapat respon berbeda-beda dari tiap wanita, namun kebanyakan memang menyebabkan siklus haid tidak teratur pada awalnya. namun akan berangsur teratur. Jika hormon sudah menyesuaikan maka kemungkinan hamil akan seperti semula.

      Reply
  11. sry mulyani

    mau tanya ni.bulan kemarin saya haid,tapi saya lupa tanggalnya.dan sekarng saya belum haid,tapi puting payu dara saya sakit klo di pengang.dan perut bagian bawa sakit sedikit.apa itu tanda saya sdang hamil?

    Reply
      1. sry mulyani

        dok saya udah periksa pakai test kehamilan hasilnya negative,lalu apa arti tanda tanda itu?soalnya aku masi ragu klo aku lgi hamil.apa perlu di periksa lagi dalm jangka 1 minggu?

        Reply
        1. hamil Post author

          jika negatif berarti bukan hamil, kemungkinan gangguan menstruasi. bisa tes kembali setelah seminggu jika masih ragu.

          Reply
  12. gendi

    Saya sudh 3 minggu smjak brhbngan namun saya tidk mengalami gjla gjla hamil trsebut, dan waktu 1 minggu dan 2 minggu say melakukan tes kehamilan namun hslnya ngtf apakh saya tidak hamil dok? Trima kasih

    Reply
    1. hamil Post author

      Sepertinya positif tapi belum kuat hormon yang terbaca oleh tespack, bisa diulang tespack selang seminggu dan lihat hasilnya kembali.

      Reply
  13. desy k

    2 hari perut saya trasa sakit,sprti kembung,
    Apakah itu gjala gjala hamil
    Dan smua trasa normal2 saja,tdak sprti tanda tanda kehamilan pada umumnya

    Reply
  14. eni

    Dok, q mau tnya, q kan udh hmpir dua bulan berhenti kb suntik 3 bln, tapi knp q gak haid ya, pas haid hnya bercak drah sja sperti plek gitu. Itu kira” tnda org hmil bkn?

    Reply
    1. hamil Post author

      bunda @eni. setelah berhenti KB memang biasanya tidak bisa langsung haid, butuh beberapa waktu untuk tubuh menyesuaikan kembali. bahkan ada yang hingga 5 bulan baru bisa haid normal. setelah haid normal dan sel telur bisa kembali normal baru bisa dibuahi.
      Itu hal yang normal, namun tetap ada kemungkinan bisa hamil kembali. coba dites saja untuk kepastiannya.

      Reply
  15. siti nurhayati

    Dok 3bln lalu saya kuret, krn janin x gag berkembang..
    Tapi sekarang saya hamil lg…
    Apa janin saya gak akan seperti dlu lg…
    Krn gejalax memang berbeda…
    Yg dlu saya seing keluar bercak darah…
    Tp yg ini tidak..
    Melainkan smu ciri2 org hamil saya alami selain bercak tersebut..
    Mohon saranx

    Reply
  16. paramitha

    dok bulan lalu saya mengalami kram perut, tapi setelah itu saya haid,, tapi setelah haid berhenti kram nya datang lagi dok..
    bbrapa hari dan mual,,
    lalu hilang
    kemudian muncul lagi setelah melakukan hubungan dengan suami
    dan saya sekarang sering sensitif dok,,
    apa mau datang bulan ya dok?tapi sering bgt kram perutnya..
    mksh dok

    Reply
  17. Ivonne wijaya

    Dok saya mau nanya.saya mens nya pasti maju 3-5 hari.tapi saya sudah test pack hasil nya positif dok dan saya periksa B-hcg juga ada tanda kehamilan.Tapi dok saya keluar flex trus tiap hari?apakah itu tanda kehamilan?berbahaya kah flex nya?

    Reply
    1. hamil Post author

      flek itu adalah pendarahan implantasi, tidak membahayakan namun lebih baik konsultasi ke dokter atau bidan minta penguat kandungan supaya proses implantasi berjalan dengan baik dan kehamilan bisa berjalan normal

      Reply
  18. Dede Karina

    Dok syaa mau nanya , apakah berhubungan di masa subur , bisa langsung hamil stlah bbrp hri nya. Msalah ny sya smngu stlah bthubungan mrsakan gjla yg aneh . Tiba2 punggung sya merasa pegal trusm prut rsanya kram sprti mau haid. Sring kncing . Dan ada kluar bercak darah. Apakah itu bisa d blg hamil dok. Sya mau tespect tapi takut kcewa. Sya berharap

    Reply
    1. hamil Post author

      benar bunda karina bisa beberapa hari langsung hamil, jika terbiasa mengalami efek seperti itu sebelum haid bisa jadi anda cuma sedang haid. semua itu gejala hamil sebaiknya lakukan tes hamil.

      Reply
  19. ayu lestari

    saya Udah telat 3 hari sbelumbya saya g pernah kb saya rencanakan untuk punya anak lg ini mau anak ke2 apa Udah boleh periksa ya krna saya udh gak sabar

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>