Ciri-Ciri Fisik Orang Hamil

Pada saat kehamilan mulai terlihat ciri-ciri fisik pada orang hamil. Setelah janin menempel pada rahim, maka tubuh mulai memproduksi dan menyalurkan hormon kehamilan yang biasa disebut dengan human gonadotrophin hormone (HCG). Pada awal pembuahan hormon ini akan diproduksi hanya sedikit saja, namun seiring dengan perkembangan janin yang telah menempel pada dinding rahim maka hormon inipun mulai bertambah produksinya.

Tingkat jumlah hormon inilah yang kemudian membuat orang hamil mulai mengalami perubahan secara fisik sebagai efek dari meningkatnya hormon HCG tersebut. Secara fisik memang tidak terlihat ciri-ciri kehamilan pada awal kehamilan sekitar 1-2 minggu. Ciri-ciri fisik orang hamil ini akan mulai terlihat setelah hormon HCG mulai meningkat yaitu pada usia kehamilan sekitar 5-6 minggu.

Ciri – Ciri Fisik Orang Hamil adalah:

  • Payudara Lebih Lembut

Beberapa minggu setelah pembuahan, maka hormon estrogen dan progesteron mulai meningkat yang menyebabkan payudara menjadi lebih lembut dan membesar. Selain itu, pada area puting payudara mulai akan terlihat membengkak dan warna berubah menjadi lebih gelap atau hitam. Hal ini terjadi karena mulai meningkatnya pigmen kulit atau melanin. Pada orang hamil volume darah meningkat sekitar 50 persen, hal ini mungkin mengakibatkan terlihatnya pembuluh darah pada payudara anda.

  • Buang Air Kecil

Pada awal kehamilan, maka rahim akan membesar dan bisa menekan kandung kemih anda. Hal ini menyebabkan anda akan terasa ingin buang air kecil. Seringnya buang air kecil ini memang kadang megganggu, namun sebaiknya setiap anda ingin buang air kecil segeralah buang air kecil karena jika tidak dilakukan pada wanita hamil resiko infeksi saluran kandung kemih meningkat.

  • Kelelahan

Hormon progesteron memperlambat metabolisme, hal ini membuat anda merasa lelah. Juga dikarenakan tubuh anda bekerja lebih keras dari biasanya untuk perkembangan janin dalam rahim anda. Jadi efek kelelahan dan mudah capek wajar terjadi pada orang hamil sebagai tanda-tanda kehamilan.

  • Ingin Muntah (Mual)

Ingin muntah pada pagi hari selama kehamilan adalah hal yang wajar. Secara medis hal ini memang belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkanya, namun kemungkinan adalah kerena hormon HCG yang mulai meningkat pada tubuh anda membuat sinyal mual diotak anda menjadi lebih sensitif. Untungnya hal ini biasanya terjadi hanya pada trimester pertama kehamilan (1-3 bulan) dan akan hilang dengan sendirinya pada trimester kedua (3-6 bulan) usia kehamilan.

  • Gangguan pada Usus

Meningkatnya hormon progesteron melemaskan jaringan otot polos di seluruh tubuh anda, termasuk saluran pencernaan, sehingga makanan berjalan lebih lambat. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak gas, kembung, bersendawa, sembelit, perut kembung dan mulas.

  • Suhu Tubuh Meningkat

Peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh selama kehamilan, ditambah dengan pembuluh darah yang melebar akibat relaksasi otot, memungkinkan darah untuk lebih dekat dengan permukaan kulit yang  bisa menyebabkan peningkatan suhu tubuh anda.

  • Bercak Darah

Bercak darah pada wanita hamil biasa disebut sebagai pendarahan implantasi, hal ini karena proses penempelan janin dalam rahim. Selengkapnya anda bisa baca mengenai pendarahan implantasi ini untuk lebih jelasnya. Anda bisa konsultasi dan periksa kedokter untuk memeriksakan kesehatan janin jika anda merasa khawatir mengenai bercak darah ini, meskipun bercak darah ini adalah hal yang wajar pada wanita hamil sebagai salah satu ciri-ciri fisik orang hamil yang juga bisa disertai dengan adanya kram perut.

Cara Cepat Hamil



Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>